I Trik ini sebernarnya telah lama saya gunakan untuk pribadi , karena ketika menggunakan komputer/ laptop terkadang saya harus meninggalkannya dalam keadaan menyala karena posisi sedang mendownload aplikasi ataupun sedang menunggu hasil scan sesuatu. dikarenakan sering ditinggal maka saya berpikir bagaimana untuk bisa mematikan komputer secara otomatis, dikarenakan pada menu power setting di komputer tidak ada perintah shutdown ( mematikan ) hanya ada perintah Sleep dimana komputer hanya logout dan tidak mati . maka saya menggunakan Trik mematikan Komputer Windows Secara Otomatis ketika akan saya tinggal, lalu apakah ini perlu sebuah aplikasi untuk bisa melakukannya ?. jawabannya tidak, karena pada dasarnya semua sudah ada pada windows. kita hanya perlu memanfaatkannya dengan sebuah perintah .bat ,

Pertama buka notepad [ start - all program - accesories ] atau dengan windows + r ketik "notepad"
win-run-notepad
 Kedua setelah notepad terbuka copy paste code ini pada notepad
@echo offcd\cd c:\windows\system32shutdown -s -f -t 60
 Ketiga simpan notepad menggunakan format .bat dengan cara file - save as - save as type (dirubah all file ) - kemudian berikan nama "shutdown.bat"

shutdown-bat
Setelah tersimpan maka anda akan menemukan file seperti gambar dibawah ini
file-bat
untuk keterangan tambahan : 60 adalah 60 detik yang berarti 1 menit, anda bisa mengganti 60 menjadi kebutuhan yang anda inginkan yang jelas pakai satuan waktu detik .

jika anda menekan ini pada saat mencobanya anda bisa membatalkannya dengan menulis perintah "shutdown -a" pada command promp , untuk membuka command promp gunakan windows + r ketik "cmd"


sekian artikel saya tentang trik mematikan komputer windows secara otomatis , semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman sekalian . Salam LowTekno

Post a Comment

Dark Falz

Powered by Blogger.