Masih membahas mengenai pemrograman dengan menggunakan bahasa C++ yang masih untuk pemula. Namun, pada kali ini Saya akan membahas program yang berbeda dengan pembahasa sebelumnya, dan seterusnya akan seperti itu. Pada pembahasan ini, Saya akan mendstribusikan program yang telah berhasil Saya buat, yaitu program pemangkatan C++. Sebelumnya, teman-teman disini Saya asumsikan sudah mengerti tentang pemangkatan pada matematika sehingga Saya tidak perlu lagi menjelaskannya disini. Karena memang mau tak mau, seorang programmer atau seorang yang belajar pada bidang informatika harus paham juga mengenai matematika dasar dan bahasa inggris.

Membuat Program Pangkat Menggunakan C++


Membuat Program Pangkat Menggunakan C++
Output Membuat Program Pangkat Menggunakan C++

Syntax program pangkat C++ :
/*--------------------
Program Design By
URL: lowtekno.blogspot.co.id
Name: LowTekno
---------------------*/
#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
    int pangkat;
    int bilangan;
    int hasil=1;

    cout << " Masukan Bilangan = ";
    cin >> bilangan;
    cout << " Dipangkatkan     = ";
    cin >> pangkat;

    for(int i=0;i<pangkat;i++){
        hasil=hasil*bilangan;
    }
    cout << " Hasilnya Adalah  = " << hasil <<endl;

    cout << " -----SUKSES----- " << endl;
    return 0;
}
Seperti terlihat pada gambar output membuat program pangkat menggunakan C++, Saya memasukkan angka 5 untuk dipangkatkan dan memasukkan angka 5 juga untuk memangkatkannya. Jadi, program tersebut akan melakukan proses pemangkatan angka 5 sebanyak 5 kali, yaitu seperti berikut ini:
5*5*5*5*5=3125
Lalu, bagaimana cara membaca syntax program tersebut? bagaimana syntax tersebut dapat melakukan pemangkatan sebanyak 5 kali? Jika kita lihat mulai dari bari 20 (silahkan masukkan terlebih dahulu ke dalam software compiler Anda, agar mudah menemukan baris di dalam syntax), disitu terdapat syntax seperti berikut ini:
for(int i=0;i<pangkat;i++){
        hasil=hasil*bilangan;
    }
Lah syntax tersebutlah yang mempresentasikan pangkat dari program. Menggunakan fungsi For, program melakukan proses looping (perulangan) sebanyak "kurang dari pangkat" (angka pangkat didapatkan berdasarkan nilai yang Anda masukkan). Setelah selesai melakukan pangkat pertama, hasilnya akan dikalikan dengan bilangan asli. Melakukan perulangan seperti itu terus sampai angka perulangan habis.

Ya, sampai disini, pembahasan Membuat Program Pangkat Menggunakan C++ sudah selesai, sekarang Anda tinggal buka software compiler yang Anda gunakan, kemudian terapkan program tersebut dan buktikan kebenarannya. Terimakasih

Post a Comment

Dark Falz

Powered by Blogger.