Hai, apa kabar kalian semua? Saya kembali membawa kabar gembira mengenai program yang telah Saya build, yaitu program penghitung detik dengan C++. Program yang cukup simple ini lumayan membantu Anda untuk lebih mempelajari mengenai fungsi perulangan pada C++. Namun sebelumnya, Saya ingin memperkenalkan kepada Anda beberapa program yang telah Saya build dan share juga di Blog ini (siapa tahu Anda belum sempat membacanya).

Baca Juga:
Contoh Program Kasir Salon Menggunakan C++
Cara Membuat Program Penjualan Tiket dengan C++

Yup, balik lagi ke tujuan awal postingan ini, program penghitung detik. Di dalam program ini, Saya menggunakan bahasa Inggris, seperti minute, second, dan lain-lain. Namun tenang saja, Saya akan tetap memberikan tutorialnya dengan menggunakan bahasa Indonesia, alasannya tidak lain dan tidak bukan hanyalah karena agar calon programmer Indonesia lebih maju.

Lalu, apa maksud dari program penghitung detik ini? Program penghitung detik ini dapat menghitung jam, menit, dan detik untuk nilai yang Anda masukkan (nanti) di dalam program. Anda tahu, kan, format detik jam digital yang lengkap? yaitu seperti ini 10:02:56. Nah, konversi yang menjadi seperti itulah yang terjadi pada program ini. Seperti yang terlihat pada output program berikut ini.

Membuat Program Penghitung Detik dengan C++
Output Membuat Program Penghitung Detik dengan C++

Sebelum masuk ke dalam syntax program penghitung detik dengan C++ ini, alangkah baiknya kita untuk memahami terlebih dahulu flowchart yang digunakan di dalam program agar kita dapat menganalisa lebih awal syntaxnya. Berikut ini adalah Flowchart Program Penghitung dengan C++.

  1. Start
  2. Masukkan nilai
  3. Program menghitung nilai jam dengan rumus (nilai/3600)
  4. Program menghitung nilai menit dengan rumus (nilai-(jam*3600))/60
  5. Program menghitung nilai detik dengan rumus (nilai-((jam*3600)+(menit*60))
  6. Menampilkan nilai jam, menit, dan detik.
  7. End

Setelah flowchart sudah kita pahami, kini saatnyalah kita masuk untuk membahas syntax yang ada pada program penghitung detik dengan C++.

/*--------------------
Program Design By
URL: lowtekno.blogspot.co.id
Name: LowTekno
---------------------*/
#include <iostream>
#include <stdio.h>
#include <conio.h>

using namespace std;

int main(){

int hour,minute,second,searchingFor;


printf ("input to searching for hour, minute, and second = ");
scanf ("%d",&searchingFor);

hour=searchingFor/3600;
minute=(searchingFor-(hour*3600))/60;
second=searchingFor-((hour*3600)+(minute*60));

printf ("%d hour, %d minute, %d second",hour,minute,second);

getch();
}

Sekarang, langkah terakhir adalah segeralah compile dan running syntax program penghitung detik dengan C++ tersebut untuk mencoba kebenarannya. Jika Anda kurang yakin dengan jawaban yang keluar dari program tersebut, Anda dapat membandingkannya dengan metode perhitungan yang manual, dan Saya minta tolong untuk meninggalkan komentar Anda di bawah ini. Terimakasih

Post a Comment

Dark Falz

Powered by Blogger.