Pointer (bahasa Indonesia = Penunjuk) adalah salah satu fungsi yang terdapat pada bahasa pemrograman, seperti bahasa pemrograman C++ yang dapat diartikan sebagai variabel yang memiliki alamat dari suatu variabel lain. Fungsi pointer ini dapat digunakan sebagai penunjuk alamat memori untuk memudahkan kita mencari alamat di dalam suatu variabel. Berikut adalah pembahasan lebih jelas mengenai pointer.

Alamat yang terdapat di dalam memori sangatlah dinamis (dapat berubah), bila kita tengok sejenak ke dalam fungsi pemrograman lain, yaitu array, array ternyata juga dapat dikatakan sebagai pointer, namun pointer yang tetap (fixed pointer).

Kita dapat menganalisa pointer dengan cara seperti kita memasukkan sebuah variabel bertipe integer (contohnya int x), maka kita dapat mengetahui alamat x dengan menggunakan &x. Namun, jika kita pointer dengan nama a, maka a-nya tersebut dapat diartikan atau dapat memiliki, menyimpan, dan memegang alamat dari variabel x-nya tersebut.

Seperti yang sudah Saya janjikan pada judul postingan kali ini, Saya akan membahas serta menyertakan juga contoh program bahasa C++ dengan fungsi Pointer. Anda dapat langsung melihat syntaxnya di bawah ini.

/*--------------------
Program Design By
URL: lowtekno.blogspot.co.id
Name: LowTekno
---------------------*/
#include <iostream>
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
using namespace std;
int main(){
    int pertama, *kedua; //membuat variabel pertama, dan membuat pointer kedua
    pertama = 20; //memberi nilai pada variabel pertama dengan nilai 20
    kedua = &pertama; //memberi nilai pada variabel kedua dengan alamat pertama
    cout<<"Pointer kedua menunjukkan pada alamat = "<<kedua<<endl; //keluaran alamat pada pointer kedua
    cout<<"Pointer kedua tersebut menunjukkan nilai = "<<*kedua<<endl; //keluaran nilai pada alamat kedua
    return 0;
}

Perhatikan syntax program tersebut, kemudian lakukanlah proses running menggunakan software compiler yang Anda gunakan (dalam praktek ini, Saya menggunakan software compiler dengan nama CodeBlocks), maka Anda akan mendapatkan keluaran seperti berikut ini:

Pointer pada C++ Beserta Contohnya
Output Pointer pada C++ Beserta Contohnya

Lihat alamat pada pointer kedua dalam program tersebut, alamat pointer tersebut tidak berarti semua laptop memiliki alamat yang sama (artinya, Anda dapat mendapatkan hasil alamat yang berbeda dengan praktek yang Saya lakukan). Dengan melihat output program tersebut, Anda dapat melihat bahwasanya nilai pada 20 di dalam sistem operasi yang Anda gunakan, memiliki nilai 0x23fee8.

Yang perlu Anda ketahui di dalam belajar fungsi pointer pemrograman adalah berhati-hatilah dalam memilih nilai yang akan Anda running. Karena, jika Anda ternyata memasukkan nilai yang salah, akan berakibat fatal pada sistem operasi yang Anda gunakan. Namun, disini Saya belum mengetahui nilai pasti yang tidak boleh dimasukkan untuk membuat program pointer seperti ini. Ilmu ini Saya dapat asli dari dosen Saya, dan kebetulah dosen Sayalah yang mengatakan demikian.

Oke, pembahasan pointer pada C++ beserta contohnya programnya kali ini Saya rasa cukup jelas untuk Anda pahami. Jadi, ijinkan Saya pamit untuk membuat program lain agar dapat selalu membagikannya bersama dengan Anda sahabat-sahabat semua.

Post a Comment

Dark Falz

Powered by Blogger.